Kamis, 10 Februari 2011

Macam-Macam Buah dan Manfaatnya

Buah memiliki banyak sekali vitamin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Dalam edisi kali ini kita akan membahas tentang berbagai macam jenis buah.

 1. Apel
Apel mengandung banyak manfaat untuk kesehatannya. Asalkan jangan membuang kulitnya. Inilah manfaat kesehatan yang dikandung apel. Jangan membuang kulit apel. Alasannya sederhana saja, karena kulit apel mengandung quercetin - zat yang dibutuhkan guna meningkatkan kadar antioksidan guna mencegah berbagai macam penyakit.

Hasil penelitian para ahli dari Cornell University menyatakan bahwa hanya apel, buah yang memiliki quercetin. Itu sama artinya apel mampu menyediakan antioksidan setara 1.500mg vitamin c dari ekstrak apel segar dari apel ukuran medium.

Lalu hasil penelitian juga menunjukan, satu apel yang dimakan setiap hari mampu mengurangi kolestrol hingga 10%. Zat fitokimianya berfungsi melawan radikal bebas dan menekan kadar kolestrol jahat (LDL). Dan, seratnya yang tinggi, dipastikan mampu menahan datangnya lapar.

Sementara ity Dr. barry Sears dalam bukunya The Top 100 Zone Foods menyatakan apel adalah buah luar biasa yang sanggup mengontrol gula darah. "Apel adalah sumber serat yang dapat larutdengan baik, terutama pectin yang membantu kadar insulin, memperlambatpengeluaran gula ke dalam aliran darah. Pectin juga mampui mengurangi kadar kolesterol dengan mengurangi pengeluaran insulin," paparnya.

Semua hasil itu, sebenarnya sudah terbukti sejak zaman mitologi. Kala itu, buah apel sudah dikaitkan dengan penyembuhan penyakit bagi Dewa Apollo. Menurut tabib Hippocrates dan Galen, kebiasaan memakan buah apel sangat menguntungkan bagi pencernaan. Itu karena apel yang sudah dimakan mulai menjamur, dan efeknya sangat baik untuk pencernaan.

Apel juga termasuk salah satu buah yang memiliki fungsi kecantikan. Hal itu karena sejumlah mikroba tidak dapat hidup dalam sari buah apel. Oelh karena itu, ia banyak digunakan sebagai pembersih kulit, keramas rambut, dan juga sebagai pelindung kulit. Cuka atau asam apel sangat berguna untuk kesehatan dan kecantikan.

1 komentar: